Kamis, 13 September 2012

Soal Ekonomi Kelas X : Kelangkaan, Kebutuhan, Sistem Ekonomi


1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
    ->> Mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas,buku pelajaran,alat tulis,tenaga pengajar/guru yang berkualitas,fasilitas yang lengkap,lingkungan sekolah yang kondusif

2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
     ->> Kita harus pintar mengutamakan kebutuhan primer disamping kebutuhan sekunder

3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
    ->> Waktu itu saya pergi ke gramedia,saya ingin membeli kamus bahasa inggris tetapi di gramedia saya melihat ada sebuah alfalink tapi uang saya tidak cukup untuk membeli kedua barang tersebut. Namun saya hanya mempunyai uang Rp 100.000 , harga kamus Rp 35.000 sedangkan harga alfalink Rp 500.000,pada akhirnya saya membeli kamus bahasa inggris yang seharga Rp 35.000 karena harganya yang lebih murah daripada alfalink dan fungsinya pun sama . Jadi biaya peluangnya adalah alfalink seharga Rp 500.000

4.Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !
   ->> Menurut saya sistem ekonomi campuran karena pemerintah indonesia dalam menentukan kebijakan ekonomi masih tergantung pada kebijakan ekonomi luar negri dan ekonomi perusahaan swasta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar